DPMPTSP KABUPATEN FAKFAK

Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu

DPMPTSP Kabupaten Fakfak Mengadakan Bimtek OSS RBA Guna Penguatan Kompetensi SDM


2021-10-06





Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Fakfak menyelenggarakan Bimbingan Teknis OSS RBA dan pematerinya berasal dari Kementerian BKPM Republik Indonesia, Rabu (06/10/2021) Pagi.

Kegiatan ini merupakan tanggap cepat dari Menteri Investasi/ Kepala BKPM RI Bahlil Lahadalia saat melakukan Kunjungan Kerja di DPMPTSP Fakfak  2 (dua) minggu lalu.

Pembukaan Bintek OSS RBA dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom, SE, MM, Kepala DPMPTSP Drs. Marthen Idie, Kepala Dinas Kesehatan Gondo Suprato dan beberapa Pejabat OPD Teknis dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak, Bimtek ini juga berlangsung mulai tgl 6 s/d 8 Oktober 2021.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Drs. Marthen Idie menyampaikan, OSS RBA ini juga merupakan pelayanan yang tercepat bagi pelaku usaha di daerah, ini merupakn program Bapak Presiden yang telah di launching waktu lalu.

“Kami juga berharap setelah Kompetensi dasar, peserta juga melaksanakan bimtek selama tiga hari maka dari DPMPTSP mapun OPD terkait dapat langsung menerapkan system OSS RBA dengan baik dan lancer,” Pinta Kadis DPMPTSP Fakfak.

Ia berharap kepada seluruh peserta bimtek agar mampu untuk mengimput data profil perusahaan, bisa membimbing para pelaku usaha sehingga dapat melakukan izin itu sendiri melalui OSS RBA.

“Bintek ini juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan perizinan pada DPMPTSP Kabupaten Fakfak,” kata Kepala DPMPTSP Drs. Marthen Idie.

Selain itu, Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom, SE, MM mengatakan, Bimtek ini juga merupakan langkah untuk meningkatkan sumber daya manusia yaitu Aparatur Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak, OSS RBA juga menjadi kebutuhan untuk meningkatkan pelayanan kita terhadap masyarakat.

“Bimtek ini sangat penting dan baik, agar kita sama-sama bisa dapat mengikuti materi ini. Sehingga nantinya masing-masing disetiap OPD dengan fungsi dan tugas kita untuk dapat menterjemahkan dan memberikan kemudahan dan pendampingan kepada masyarakat sebagai pelaku usaha,” Ujar  Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom, SE, MM.

Tambahnya, saya melihat saat ini kita belum bisa mengintegrasikan, menghimpun atau ngarahkan mereka ke satu arah. Sehingga dapat mengarahkan masyarakat kita yang melakukan usaha-usaha di Kabupaten Fafak.

Kemdian, Direktur Pengembangan Sistem Perizinan Berusaha (OSS-RBA) Kementerian Investasi/ BKPM Republik Indonesia yang di wakili oleh Agus Prayetno menjelaskan, ini merupakan arahan langsung dari Bapak Menteri Investasi/ Kepala BKPM pada saat melakukan kunjungan kerja di Fakfak 2 (dua) minggu lalu, sehingga kita bersama tim langsung di perintahkan secepatnya datang ke Fakfak dan Alhamdlillah hari ini kita dapat melaksanakan tugas yang diperintahkan Bapak Menteri Bahlil Tersebut.

“Jadi, kami juga berharap kepada para peserta yang hadir dalam kegiatan Bimtek hari ini, agar dapat mengikuti secara baik,” Harap Agus Prayetno.

Agus Prayetno menambahkan, Kami juga akan melakukan simulasi dari pelaku usaha, DPMPTSP dan berkaitan dengan OPD Teknis untuk cara mengoperasikan OSS RBA sesuai dengan kewenangan masing-masing

Layanan Perizinan
REKOMENDASI PEMASUKAN DAN PENGELUARAN HEWAN
IJIN PRAKTEK TENAGA GIZI
IZIN PEMASUKKAN HASIL TERNAK
IZIN PEMASUKKAN TERNAK
IJIN TUKANG GIGI
IJIN PRAKTIK BIDAN
IJIN OPERASIONAL ORGANISASI SOSIAL
IZIN OPERASIONAL PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN UNTUK PENGHASIL
IZIN PEMBUANGAN AIR LIMBAH
IZIN MENDIRIKAN RUMAH SAKIT TIPE C DAN D
SURAT KETERANGAN PENELITIAN
IZIN PRAKTIK PERAWAT
IZIN PRAKTEK DOKTER UMUM
IZIN PENYELENGGARAAN SATUAN PENDIDIKAN NON FORMAL
IZIN USAHA PETERNAKAN
IZIN USAHA JASA KONSTRUKSI
SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN /SIUP
IZIN USAHA PUSAT PERBELANJAAN / IUPP
IZIN PENJUALAN DAGING
IZIN PEMASUKKAN HASIL TERNAK
IZIN RUMAH POTONG HEWAN
IZIN TEMPAT PEMOTONGAN HEWAN
IZIN USAHA MIKRO DAN KECIL
IZIN KOPERASI SIMPAN PINJAM
IZIN USAHA RENTAL, TENDA, KURSI DAN DEKORASI RUANGAN
IZIN USAHA PENCUCIAN KENDARAAN BERMOTOR
IZIN USAHA PANGKAS RAMBUT
IZIN USAHA LAUNDRY
IZIN USAHA RUMAH KOST - KOSTAN
IZIN USAHA SALON KECANTIKAN
IZIN USAHA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG
IZIN USAHA PERBENGKELAN/BENGKEL UMUM
IZIN AIR MINUM DALAM KEMASAN
IZIN USAHA MEUBEL
TANDA DAFTAR USAHA PARIWISATA
IZIN USAHA BILYARD
IZIN PANTI PIJAT
IZIN PENYELENGGARAAN HIBURAN DAN REKREASI
IZIN USAHA CAFE DAN KARAOKE
IZIN USAHA RESTORAN DAN RUMAH MAKAN
IZIN USAHA HOTEL DAN PENGINAPAN
REKOMENDASI PENGGUNAAN JALAN
IZIN PANGKALAN OJEK
IZIN OPERASIONAL RENTAL KENDARAAN
IZIN TRAYEK
IZIN PENYELENGGARAAN ANGKUTAN ORANG
IZIN USAHA ANGKUTAN UMUM
IZIN USAHA ANGKUTAN SUNGAI DAN DANAU
IZIN USAHA KURSUS MENGEMUDI
IZIN PEMANFAATAN RUANG MILIK JALAN
PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR
PERPANJANGAN KARTU PENCARI KERJA
PEMBUATAN KARTU PENCARI KERJA
IZIN LEMBAGA PELATIHAN KERJA
IZIN UNDIAN GRATIS BERHADIAH
IZIN PENGUMPULAN BARANG ATAU UANG
IZIN OPERASIONAL ORGANISASI SOSIAL
IZIN PENDIRIAN PANTI SOSIAL
NIB ( NOMOR INDUK BERUSAHA )
IZIN PENYELENGGARAAN REKLAME /FISKAL
IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN GEDUNG (IMB)


Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu Satu Pintu

Alamat Kantor : JL.Jendral Sudirman, Wagom, Fakfak, Papua Barat