DPMPTSP KABUPATEN FAKFAK

Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Sarana dan Prasarana


1. Kesehatan

Pembangunan bidang kesehatan bertujuan agar semua lapisan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara merata dan terjangkau. Pemerintah Kabupaten Fakfak senantiasa memperhatikan dan berupaya meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan baik dari segi kuantitas maupun kualitas.
Fasilitas kesehatan di Kabupaten Fakfak adalah satu (1) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) type C pada areal seluas 2,4 Ha yang berfungssi dalam peningkatan pelayanan kesehatan dan pelayanan kesehatan rujukan. , Puskesmas rawat jalan sebanyak 6 unit, Puskesmas rawat inap sebanyak 4 unit, Pustu (Puskesmas Pembantu) sebanyak 36 unit, Polindes sebanyak 48 unit, dan di bantu dengan satu unit balai pengobatan swasta, serta 150 Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu). Jumlah tenaga kesehatan yang tersedia adalah 4 dokter spesialis, 21 dokter umum, 4 dokter gigi, 349 perawat, 4 perawat bedah, 2 perawat anatesi, 6 perawat gigi, 109 bidan (tenaga medis); 19 ahli farmasi, 20 ahli gizi, 13 teknisi medis, 21 tenaga sanitasi dan 45 tenaga kesehatan masyarakat, 77 tenaga non-medis dan terdapat 14 unit apotik serta 1 optik.
(sumber Data Dinas Kesehatan 2016)

Penyediaan sarana dan prasarana mengalami perkembangan yang sangat pesat dan terus dikembangkan guna mendongkrak perekonomian daerah dan mendukung investasi. Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak sangat serius dalam melengkapi, memperbaiki, serta membuka jalur transportasi darat baru yang menghubungkan satu wilayah ke wilayah lain, terutama infrastruktur jalan dan jembatan sebagai salah satu prasarana vital transpotasi. Untuk sarana transportasi darat menurut jenisnya, terdapat 597 unit transportasi umum yang terdiri dari 413 unit angkutan dalam kota dan 184 unit angkutan pedesaan. Akses laut menuju Kabupaten Fakfak dapat dilakukan melalui Makassar, Ambon, Manado, dan Bau-bau serta Seram Bagian Timur. Telah tersedia sarana transportasi laut yaitu kapal penumpang baik penumpang besar PT PELNI, kapal perintis, kapal feri ASDP, maupun kapal penumpang swasta dengan frekuensi pelayaran yang memadai.

1) Jalan Raya

Panjang jalan di Kabupaten Fakfak adalah 488.697 km dengan perinian : jalan beton sepanjang 1.400 km, jalan aspal 176,70 km, dan jalan tanah sepanjang 310.60 km. Terdapat 12 buah jembatan dengan panjang mencapai 786,80 meter.

2) Bandar Udara

Disamping transportasi laut dan darat, Kabupaten Fakfak juga memiliki Bandar Udara Torea yang dipakai sebagai pintu masuk lewat udara ke Kabupaten Fakfak. Status Bandara Torea masih sebagai Bandara Perintis sehingga hanya bisa melayani pesawat berukuran kecil, dengan jasa penerbangan WINGS AIR, waktu tempuh 1 jam dengan pesawat terbang menuju Bandara Sorong dengan frekuensi penerbangan setiap hari.

3) Pelabuhan Laut

 

Pelabuhan Kabupaten Fakfak mempunyai prasarana dermaga laut yaitu 1 dermaga besar yang terletak di Kota Fakfak dengan panjang dermaga mencapai 120 meter dan lebar 12 meter serta didukung fasilitas pergudangan. Terdapat pula 3 dermaga kecil di Distrik Karas, Distrik Kokas, di Distrik Pariwari. Kunjungan kapal di pelabuhan Kabupaten Fakfak tercatat 543 kali (domestik) dengan jumlah 30.005 penumpang naik dan 38.470 penumpang turun. Pelabuhan Fakfak digunakan sebagai pelabuhan ekspor impor di Kabupaten Fakfak saat ini. Untuk sarana angkutan penumpang maupun barang, tersedia KM. Nggapulu, KM Tidar, KM. Sangiang, KM. Tatamailau, KM. Kelimutu, Kapal Perintis dan tersedia pula armada angkutan barang tol laut. Sementara sarana transportasi laut lokal yang menghubungkan antar distrik umumnya digunakan motor rakyat yang terbuat dari kayu (long boat) dan speed Boat. (Sumber data: Perhubungan Laut Fakfak)

  

4. Telekomunikasi

Kabupaten Fakfak memiliki 1 kantor pos yang melayani jasa pengiriman surat, barang, dan pengiman Uang. Jaringan telekomunikasi melalui telepon selular di Kabupaten Fakfak telah menjangkau hampir ke seluruh distrik. Beberapa perusahaan telekomunikasi dan operator telepon seluler yang beroperasi di Kabupaten Fakfak antara lain Telkom, Indosat, Telkomsel, dan Excelindo telepon seluler. Namun untuk Distrik Karas, dan Distrik Fakfak Timur tengah hanya memiliki jaringan Indosat yang mampu dijangkau sementara untuk Distrik Arguni Distrik Mbahmdandara, Kayauni, Kokas, Teluk Patipi, Furuwagi, Kramongmongga jaringan telekomunikasi belum terjangkau. Selain itu, di Kabupaten Fakfak juga sudah memiliki jaringan internet melalui V-Satelit dan penyediaan layanan Indi-home.

3. Sumberdaya Manusia

Dari jumlah penduduk sebanyak 93.435 jiwa, yang berusia 15-49 tahun (usia produktif) adalah 1.205 orang. Masalah ketenagakerjaan merupakan masalah yang cukup kompleks. Hal tersebut terkait dengan struktur ekonomi dan kondisi sosial masyarakat

4. Pendidikan

Keberhasilan pembangunan suatu bangsa dapat dipengaruhi oleh mutu pendidikan penduduknya. Semakin maju tingkat pendidikan penduduk suatu daerah, memberikan pengaruh positif terhadap kemajuan di berbagai bidang kehidupan daerah tersebut. Pemerintah Kabupaten Fakfak memberikan perhatian yang besar pada bidang pendidikan. Hal ini tercermin dari keseriusan Pemerintah Kabupaten dalam mengalokasikan dana pada APBD murni untuk bidang pendidikan, guna mendukung program Pemerintah (secara nasional) dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui Program BOS berupa penyaluran dana langsung ke sekolah (baik SD maupun SLTP) dengan maksud peserta didik dibebaskan dari kewajiban membayar uang sekolah demi tercapainya program wajar 9 tahun.
Kabupaten ini memiliki 54 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan 1522 peserta didik dan 171 pengasuh; 49 Taman Kanak-Kanak (TK) dengan 1833 peserta didik dan 84 pengasuh; 114 Sekolah Dasar (SD) dengan 1197 murid dan 844 guru; 9 Madrasah Ibtidaiyah (MI); 21 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan 4011 murid dan tenaga pengajar 366; 4 Madrasah Tsanawiyah (MTs) ; 7 Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan jumlah murid 2453 dan 185 guru; sedangkan SMK sebanyak 3 dengan jumlah murid 662 dan tenaga pengajar sebanyak 85 (Sumber Data: Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Fakfak

5. Agama


Jumlah pemeluk agama Islam di Kabupaten Fakfak tercatat 43.502 orang dengan 121 masjid dan 6 mushola/surau, pemeluk agama Budha sebanyak 30 orang, pemeluk agama Katholik sebanyak 13.774 orang dengan 29 gereja, agama Protestan sebanyak 12.597 orang dengan 84 gereja, agama Hindu sebanyak 49 orang dan 1 Wihara. (Sumber Data : Kementerian Agama Kabupaten Fakfak)

6. Air Bersih

Air bersih merupakan salah satu sumber bagi kehidupan manusia. Kabupaten Fakfak memiliki Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang memiliki 12 unit reservoir dengan kapasitas 1200 M³ dengan sumber air permukaan dari sungai dengan kapasitas 3000-4000 liter perdetik. Saat ini PDAM telah melayani 5.169 pelanggan.

7. Listrik
Kabupaten Fakfak memiliki 2 Unit Pelayanan Terpadu (UPT) PLN, yang berada di Distrik Fakfak dan Fakfak Barat dengan 15458 pelanggan. Kondisi wilayah Kabupaten Fakfak yang terdiri dari pulau-pulau menyebabkan banyak Kampung yang belum terjangkau listrik. Pemenuhan kebutuhan listrik di kampung-kampung masih menggunakan mesin milik pribadi dan listrik tenaga surya. Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) memiliki 10 mesin dengan 5,4 KW daya terpasang, 5,2 KWh tenaga yang dibangkitkan, dengan beban puncak 5,2 KWh dan 22.621902 KWh terjual.

8. Perbankan

Kantor perbankan yang sudah beroperasi di Kabupaten Fakfak sebanyak 6 unit yaitu BRI, Bank PAPUA, BANK MANDIRI, BANK DANAMON, BANK MEGA, BANK ARFINDO dan BNI. Dengan menyediakan semua layanan untuk kebutuhan masyarakat Kabupaten Fakfak dalam membantu kegiatan perekonomian dan sirkulasi moneter di Kabupaten Fakfak.
Selain itu juga terdapat beberapa jasa perusahaan asuransi, yaitu : Asuransi Bumi Putera, Asuransi Tenaga Kerja, Asuransi Jasa Rahardja,Asuransi Jiwasraya dan Asuransi Alianz.

9. Hotel/Penginapan


Sebagai salah satu komponen pendukung kepariwisataan dan bahkan investasi di daerah, akomodasi berupa hotel/ penginapan adalah penting. Di Kabupaten Fakfak terdapat satu hotel berbintang yakni Hotel Grand Papua dan hotel klas melati yakni: Hotel Fakfak, Hotel tembaga pura, Hotel Marcopolo, Hotel Syeba, Hotel BSI ( Bumi Salobar Indah,Hotel Mini Kokas, Hotel Sulinah,Hotel Surya Teluk dan Hotel Idrus (HI) serta homestay dan penginapan.

10. RESTORAN DAN RUMAH MAKAN
Restoran dan rumah makan yang ada di Kabupaten Fakfak banyak menawarkan menu khas Fakfak yakni Ikan Bakar Bumbu dan sambal pala tersedia juga ikan kuah kuning dengan papeda terdapat di semua warung sepanjang jalan Dr.Salasa Namudat atau lebih di kenal dengan nama jalan baru selain itu tersedia juga jajanan Khas Fakfak yakni kue lontar dan minuman mehak atau kopi asli Fakfak, yang pastinya memberikan kenikmatan tersendiri sambil menikmati indahnya sanset di waktu sore.

 

 

Layanan Perizinan

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu Satu Pintu

Alamat Kantor : JL.Jendral Sudirman, Wagom, Fakfak, Papua Barat